2 Tips Membersihkan Celemek Bayi Berdasarkan Jenis Bahannya

Ketika Anda mulai memperkenalkan bayi pada aktivitas makan, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Selain memperhatikan makanan yang tepat sesuai dengan usia si bayi, Anda juga harus mempersiapkan peralatan-peralatan makan untuk dipakai saat aktivitas makan si bayi. Salah satu peralatan makan yang perlu Anda persiapkan adalah celemek bayi


Ketika melakukan aktivitas makan, bayi Anda mungkin akan berantakan dengan noda-noda sisa makanan. Noda-noda makanan tersebut bisa saja menempel di celemek yang mereka gunakan dan membuatnya menjadi kotor sementara kebersihan harus selalu diperhatikan.

Membersihkan Celemek

Agar celemek bisa bersih kembali, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan agar celemek bisa kembali bersih dan bisa kembali digunakan oleh bayi Anda.

1. Membersihkan celemek dari bahan kain

Salah satu celemek yang paling sering digunakan untuk peralatan bayi dan banyak disukai orang tua adalah celemek dari bahan kain. Untuk membersihkan noda-noda yang menempel pada celemek kain, Anda harus benar-benar membersihkannya hingga bersih. 

Cara mencuci celemek ini bisa dengan menggunakan mesin cuci atau dicuci dengan tangan. Jika noda yang menempel terlalu kotor dan membandel, Anda juga bisa merendamnya terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Jika Anda menggunakan mesin cuci, Anda juga perlu mengatur suhu mesin cuci dengan tingkat kotoran yang menempel agar tidak merusak bahan celemek. 

Jika noda yang menempel masih tergolong noda ringan, Anda cukup mengatur suhu mesin cuci pada derajat 30 hingga 40 derajat saja. Namun, jika noda yang menempel cukup banyak, Anda bisa mengatur mesin cuci pada suhu 60 derajat agar mesin cuci bisa membersihkan dengan lebih bersih. 

Untuk celemek yang tahan air, Anda cukup mencucinya dengan suhu rendah saja. Namun, Anda juga tetap harus memperhatikan instruksi pencucian yang tertera pada produk, karena setiap merk celemek bayi bisa saja memiliki instruksi pencucian khusus yang berbeda-beda. 

Pemilihan detergen juga penting untuk Anda perhatikan ketika mencuci celemek. Karena akan digunakan oleh bayi, maka pilihlah detergen yang aman untuk bayi dan tidak membuat kulit mereka iritasi. Jika Anda memiliki celemek dengan pengikat dari bahan Velcro, pastikan untuk melepas pengikat tersebut sebelum merendam atau memasukkannya ke mesin cuci. 

Hindari juga mencampur celemek dengan baju lain ketika mencuci karena bisa membuat noda kotorannya tersebar ke baju-baju yang lain. Untuk mengeringkannya, Anda bisa mengeringkan menggunakan mesin pengering atau menggantungnya di tempat terbuka.

2. Membersihkan celemek dengan bahan plastik

Celemek dengan bahan plastik saat ini lebih banyak dipilih karena dianggap lebih mudah dibersihkan dibanding bahan yang lain. Anda juga tidak perlu membeli banyak celemek plastik, cukup dua atau tiga dan bisa Anda pakai bergantian. Untuk membersihkan celemek ini, Anda hanya perlu mengibas-ngibaskan celemek setelah dipakai makan agar kotoran dan sisa makanan bisa jatuh. 

Jika masih ada kotoran yang menempel, Anda bisa membersihkan dengan lap bersih atau tisu kering. Anda juga bisa mencucinya dengan menyikat menggunakan detergen khusus bayi atau sabun anak-anak dan mengeringkannya dengan handuk kering agar air sisa pencucian tidak menempel atau Anda juga bisa mengibas-ngibaskannya hingga celemek tersebut kembali kering. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar celemek bayi yang Anda gunakan bisa kembali bersih. Dengan celemek yang bersih, aktivitas makan anak Anda akan terasa semakin menyenangkan. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label