Menjadi Orangtua “Baru”? Yuk Simak 5 Tips Merawat Bayi Baru Lahir ini!

Memiliki buah hati merupakan suatu impian bagi semua pasangan. Namun, dalam merawat anak perlu persiapan dan kesiapan. Salah satunya adalah untuk merawat bayi yang baru lahir. Kondisi bayi yang masih rentan terhadap bakteri dan virus membuat Anda perlu perhatian ekstra agar kesehatan bayi Anda tetap terjaga. 


Bagi Anda yang hendak atau sudah memiliki bayi, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai upaya untuk merawat bayi dengan benar. 

1. Berikan ASI 

ASI merupakan sumber nutrisi pertama bagi bayi. ASI mengandung banyak memiliki kandungan zat-zat penting seperti colostrum. Kandungan dalam ASI ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan bayi. 

2. Perhatikan Tali Pusar Bayi

Bayi yang baru lahir mempunyai tali pusar yang masih terpasang pada pusar bayi. Anda tak perlu khawatir, tali pusar ini akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih empat hari hingga satu bulan. Ketika bayi masih memiliki tali pusar, pastikan tali pusar tersebut dalam kondisi yang kering dan higienis untuk menghindari adanya infeksi akibat jamur atau bakteri. Anda dapat menggunakan alkohol 70% dan kain kasa untuk mensterilkan tali pusar bayi.

3. Menjaga Kehangatan Tubuh Bayi

Setelah lahir, bayi akan mengalami masa penyesuaian diri dengan lingkungan, salah satunya adalah penyesuaian suhu. Anda dapat menjaga kehangatan bayi Anda dengan menggunakan bedong beserta kaos kaki dan kaos tangan. 

4. Kosmetika Bayi

Dalam merawat bayi, Anda pasti memerlukan adanya kosmetik seperti, sabun, shampoo, baby oil, bedak, dan masih banyak lainnya. Pastikan produk yang Anda gunakan untuk bayi Anda sudah teruji secara klinis. Jika timbul bercak merah atau respon negatif lainnya terhadap bayi, berhentikan pemakaian dan segera periksa ke dokter bayi. 

5. Berikan lingkungan yang nyaman

Melahirkan merupakan kabar gembira bagi semua orang. Namun, Anda perlu memperhatikan kenyamanan dari bayi Anda. Perlakukan bayi Anda sewajarnya, terlalu sering menggendong atau mengajak bercanda akan membuat bayi stress. Pastikan pula kamar bayi Anda memiliki kondisi yang nyaman.

Merawat bayi memang membutuhkan usaha ekstra. Meski demikian, dengan kelahiran si kecil di tengah-tengah keluarga akan menjadi penyempurna kebahagiaan. Selamat menikmati peran baru sebagai orang tua ya!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label